SlideShow

Cari Blog Ini

Rabu, 21 September 2011

Possessivpronomen – Kata Ganti Kepunyaan


Possessivpronomen adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan suatu kepunyaan.Selain berfungsi sebagai kata ganti kepunyaan, juga digunakan sebagai pelengkap kata benda (Attributiv).Perbedaan antara keduanya sangat jelas, apabila Possessivepronomen sebagai artikel (Possessivartikel) maka selalu berada didepan kata benda tetapi apabila Possessivepronomen sebagai pengganti dari kata benda maka digunakan tanpa artikel. Lihat tabel dan contoh sebagai berikut :
Personal-
pronomen
Possessiv-
pronomen
als Artikel
Nominativ
Possessiv-
pronomen
ich
mein Buch
Ja, das ist mein(e)s.
du
dein Buch
Ist das dein(e)s ?
er
sein Buch
Nein, es ist sein(e)s.
es
sein Buch
Oder vielleicht sein(e)s ?
sie
ihr Buch
Es ist Ihres.
wir
unser Buch
Aber, das hier ist unseres!
ihr
euer Buch
Und das hier ist eures.
sie
ihr Buch
Nein, es gehört den Kindern. Es ist ihres.
Sie (hormat)
Ihr Buch
Herr Müller, ist das Ihres ?
  • Ist das dein Velo ? Ja,das ist mein(e)s.
  • Ist das seine Blume ? Ja, das ist seine.
  • Ist das Ihr Hund ? Ja, das ist mein(e)s.
Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
M
Singular
Akkusativ
M
Singular
Dativ
M
Singular
Genitiv
M
Singular
ich
meiner
meinen
meinem
-
du
deiner
deinen
deinem
-
er
seiner
seinen
seinem
-
es
seiner
seinen
seinem
-
sie
ihrer
ihren
ihrem
-
wir
unserer
unseren
unserem
-
ihr
euerer
euren
euerem
-
sie
ihrer
ihren
ihrem
-
Sie (hormat)
Ihrer
Ihrem
Ihrem
-

Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
F
Singular
Akkusativ
F
Singular
Dativ
F
Singular
Genitiv
F
Singular
ich
meine
meine
meiner
-
du
deine
deine
deiner
-
er
seine
seine
seiner
-
es
seine
seine
seiner
-
sie
ihre
ihre
ihrer
-
wir
unsere
unsere
unserer
-
ihr
euere
eure
euerer
-
sie
ihre
ihre
ihrer
-
Sie (hormat)
Ihre
Ihre
Ihrer
-






Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
N
Singular
Akkusativ
N
Singular
Dativ
N
Singular
Genitiv
N
Singural
ich
mein(e)s
mein(e)s
meinem
-
du
dein(e)s
dein(e)s
deinem
-
er
sein(e)s
sein(e)s
seinem
-
es
sein(e)s
sein(e)s
seinem
-
sie
ihres
ihres
ihrem
-
wir
unseres
unseres
unserem
-
ihr
eueres
eures
euerem
-
sie
ihres
ihres
ihrem
-
Sie (hormat)
Ihres
Ihres
Ihrem
-

Personal-
pronomen
Possessivpronomen
als
Pronomen
Nominativ
Plural
Akkusativ
Plural
Dativ
Plural
Genitiv
Plural
ich
meine
meine
meinen
-
du
deine
deine
deinen
-
er
seine
seine
seinen
-
es
seine
seine
seinen
-
sie
ihre
ihre
ihren
-
wir
unsere
unsere
unseren
-
ihr
euere
eure
eueren
-
sie
ihre
ihre
ihren
-
Sie (hormat)
Ihre
Ihre
Ihren
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar